Rabu, 16 Mei 2018

Fire Emergency Response Team PT RAPP Terus Berjuang Melawan Kebakaran Lahan

sumber : https://twitter.com/RAPP_Official/status/985373415291998209
PT Riau Andalan Pulp and Paper ini atau yang lebih dikenal dengan PT RAPP adalah anak perusahaan dari APRIL grup, yang mana merupakan perusahaan yang memimpin pulp dan paper di Indonesia. Perusahaan yang didirikan pada tahun 1993 di Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau ini merupakan salah satu perusahaan terbesar di Asia Pasifik yang mana produknya terkenal dan diakui hampir di seluruh dunia dan diekspor ke lebih dari 70 negara. Karena sebagai salah satu perusahaan terbesar di bidang industri pulp dan kertas yang berlokasi tepat di Riau ini, berkontribusi terhadap perekonomian daerah pastinya tak bisa dianggap remeh. Selain itu juga, PT RAPP sendiri memiliki Fire Emergency Response Team (FERT) atau pemadam kebakaran dari PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP).

Fire Emergency Response Team merupakan regu pemadam kebakaran yang dibentuk dalam menangani kebakaran lahan di area konsesi milik PT Riau Andalan Pulp and Paper. Selain itu juga, cara mereka mengetahui daerah-daerah rawan kebakaran, Fire Emergency Response Team memiliki sistem bernama assessment yang dilakukan pada awal tahun kemarin. Sistem ini digunakan untuk membuat program kerja selama satu tahun yang mengacu pada prediksi dan histori.

FERT sendiri tak hanya bertanggung jawab dalam konsesi, namun juga di radius 3 km di sekitarnya. Fire Emergency Response Team (FERT) atau pemadam kebakaran dari PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) sendiri dalam memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) sudah tidak diragukan lagi. Tim yang berada di bawah Departemen Fire and Aviation ini sudah berjibaku melawan si jago merah sejak awal berdirinya perusahaan pulp dan kertas terbesar se-Asia ini. Di tahun Februari sampai Maret 2018 ini diprediksikan akan terjadi musim kebakaran hutan dan lahan berdasarkan siklus tiap tahunnya. Periode tersebut menjadi waktu terjadinya kebakaran yang melanda Indonesia. Periode kedua sendiri terjadi pada bulan Juli dan Agustus.

Oleh karena itu, sejak tanggal 19 Februari hingga 31 Mei 2018 pemerintah Provinsi Riau telah menetapkan status siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). FERT PT RAPP sendiri juga turut bersiaga jika terjadi Karhutla. FERT sendiri sudah turun tangan langsung sejak bulan Januari untuk membantu pemadaman di lahan masyarakat, seperti dilakukan pada lahan semak belukar di Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis, dan Kubu, Kabupaten Rokan Hilir baru-baru ini. Salah seorang pegawai PT RAPP mengatakan pihaknya terus patrol baik darah maupun udara serta melakukan pemantauan melalui radio. Selain itu, koordinasi juga tidak lupa dilakukan dengan pihak-pihak terkait seperti pemerintah, TNI/POLRI, Babinsa, dan masyarakat. Dan itulah Fire Emergency Response Team PT RAPP untuk terus berjuang melawan kebakaran lahan.

0 komentar:

Posting Komentar