Minggu, 03 Juni 2018

5 Contoh Utama Bahan yang Cocok untuk Diaplikasikan Sablon Kaos


Berbagai jenis bahan digunakan dalam membuat kaos. Sayangnya, tidak semua bahan cocok untuk diaplikasikan sablon kaos. Untuk bahan tertentu, sablon bisa membuat kaos menjadi terlihat tidak lebih menarik daripada kaos yang polos. Nah, bagi Anda yang ingin mengubah kaos polos menjadi bermotif dengan sablon, kenali contoh-contoh utamanya berikut ini.

1. Cotton Combed


Bahan kaos pertama yang cocok diaplikasikan sablon adalah cotton combed untuk semua gramasi, baik itu 20s, 24s, 30s, maupun 40s. Di antara bahan lainnya, Anda tentu sudah tidak asing dengan yang satu ini. Karena kualitasnya yang tinggi, bahan dari serat kapas alami 100% cocok untuk diaplikasikan sablon.

Proses finishing bahan kain ini disisir (combed) sehingga permukaannya sangat halus, tidak mudah robek, dan tidak berbulu. Karakteristik ini merupakan syarat utama agar sablon lebih mudah menempel secara merata sehingga tahan lama.

2. Cotton Carded


Bahan kaos kedua yang kualitasnya tidak jauh berbeda tapi berada di bawah cotton combed adalah cotton carded. Meski demikian, baik sablon manual maupun digital seperti print kaos, masih cukup bagus diaplikasikan pada bahan yang satu ini.

Karena, sama seperrti cotton combed, bahan ini dibuat dari serat kapas alami. Mengenai harga, bahan ini lebih murah dari cotton combed. Sangat cocok diaplikasikan pada berbagai jenis kaos, khususnya kaos anak yang memang menyukai pakaian bergambar.

3. Cotton Slub


Kaos berikutnya dibuat dari bahan cotton slub yang memiliki tekstur sama lembutnya dengan dua kain sebelumnya. Saat proses penenunan, kapas dipelintir hingga menimbulkan benjolan-benjolan kecil di permukaannya. Anda bisa merasakannya dengan jelas saat mencoba meraba bagian pemukaannya.

Meski tidak semudah mengaplikasikan sablon pada kain yang rata, hasil sablon pada cotton slub cukup tahan lama karena menyerap ke dalam pelintiran kainnya. Tidak heran jika salah satu jenis katun ini menempati posisi ketiga terbaik dari segi kualitas.

4. Cotton Spandex


Nama spandex tentu sudah tidak asing lagi saat Anda membeli kaos kaki yang bahannya nyaman dan elastis asat dipakai. Berbeda dengan kain-kain sebelumnya yang menggunakan serta kapas alami, cotton spandex dibuat dari campuran serat spandex dengan benang cotton.

Seperti halnya tekstur yang Anda dapati pada kaos kaki spandex, maka kaos (baju atasan) yang menggunakan bahan sama ini juga memiliki sifat elastis. Dengan demikian, sifatnya yang awet menjadi kelebihan tersendiri yang ditawarkan kain ini. Termasuk sensasi dingin yang akan Anda rasakan saat memakainya.

5. Cotton Tri-Blend


Contoh bahan kelima yang cocok diberi sablon adalah cotton tri-blend. Bahan ini dibuat dari gabungan antara katun, serat polyester, dan rayon dengan perbandingan 25% : 50% : 25%. Oleh karena ada 3 jenis bahan campuran yang digunakan dalam proses pembuatan cotton tri-blend, maka bahan ini disebut tri-blend.

Keunggulan yang ditawarkan bahan ini adalah teksturnya yang lembut dan halus serat cukup elastis atau lentur. Tambahan lagi, tidak mudah kusam sehingga kemungkinan memudarnya desain gambar sablon ini menjadi sangat kecil. Jadi, cocok untuk dijadikan salah satu pilihan priorotas untuk bahan kaos yang awet desain gambar sablonnya.

Nah, untuk hasil yang makin trendi, pilih sablon kaos Jakarta yang desainnya sudah disesuaikan dengan gaya para remaja yang menyukai hal-hal modern dan kekinian. Dengan begitu, Anda bisa lebih leluasa memakainya untuk berbagai keperluan, baik itu kuliah, hangout, bahkan traveling menantang ala backpacker.

0 komentar:

Posting Komentar