Senin, 28 Januari 2019

Cara Mengetahui Luka Bakar dan Pertolongannya


Luka bakar adalah jenis luka yang tak lazim terjadi pada seseorang yang terkana percikan api ataupun dengan cara lain yang menyebabkan luka bakar yang cukup serius, luka bakar biasnya cukup menyakitkan dan juga perih, apalagi kulit yang terkana cukup parah. Meskipun luka bakar yang cukup kecil bisa sembuh dengan sendirinya tanpa bantuan medis, sedangkan untuk luka bakar harus ditangani oleh tenaga medis agar tidak ada bekas luka yang ditinggalkan. Sebelum melakukan perawatan pada luka bakar, sebaiknya Anda ketahui dulu jenis luka bakar yang dialami, termasuk Cara Membalut Luka Bakar dengan benar agat tidak terjadi infeksi atau sukar untuk sembuh.
Pertolongan Pada Luka bakar yang pertama dalah dengan menentukan derajat luka bakar yang dialami, paling lazim luka bakar yang dialami adalah uap panas ringan terkena air panas, atau percikan api dan lainnya. Jenis luka bakar ini biasnaya tampak kemerahan, sedikit membengkak dan juga akan terasa sakit. Luka bakar seperti ini mungkin tidak begitu perlu memerlukan pertolongan medis, Anda bisa mengobatinya dengan dengan cara memberikan kompres menggunakan air biasa saja supaya tidak terasa panas. Untuk luka bakar selanjutnya adalah jenis luka bakar yang tampak pecah-pecah dan juga menggelembung, rasa sakit yang kuat bisa Anda rasakan. Anda bisa menangani sendiri luka bakar ini dengan cara mengompresnya dengan air bersih biasa atau air mineral untuk mengurangi rasa panas, Anda juga bisa memberikan perban supaya tidak pedih akibat udara atau angin. Namun, segera lakukan tindakan medis ke dokter. Untuk luka bakar tingkat mayor biasanya luka bakar yang tampak basah yang diakibatkan hancurnya dinding sel dan ada cairan protein yang kluar. Lakukan tindakan medis secepatkan kepada dokter.
Jenis-jenis luka bakar tersebut memang ada yang bisa ditangani sendiri dan ada juga yang harus ditangani oleh dokter, namun sebagai antisipasi Anda harus selalu sedia alat-alat P3K yang mungkin saja dibutuhkan saat Anda terkena luka, seperti perban, plester Hansaplast, alkohol obat luka cair dan sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar