Senin, 25 Februari 2019

Tips Cerdas Merawat Kulit Bayi yang Sensitif


Kulit bayi sangat berbeda dengan kulit orang dewasa. Dimana masih sangat tipis dan sensitif. Selain itu kulit bayi memiliki pH mencapai 6-7, sedangkan pada orang dewasa mencapai 4,5-6. Sehingga dari segi perawatan juga tidak bisa disamakan dengan orang dewasa. Kulit bayi cenderung mudah mengalami iritasi, berupa gatal-gatal, ruam, berwarna kemerah-merahan, alergi, dlsb.

Iritasi bisa disebabkan oleh banyak faktor. Diantarannya yang sering terjadi adalah karena penggunaan produk perawatan bayi, mulai dari deterjen pakaian bayi, sabun, lotion, dlsb. Selain itu faktor makanan, pakaian yang dikenakan, penggunaan popok, paparan udara kotor, serta air yang kurang bersih juga turut memicu terjadinya iritasi pada kulit bayi. Saat kulit iritasi, tak jarang si kecil akan sangat rewel dan tidak nyaman. Agar tidak berlarut-larut dan terus terulang, ada baiknya ibu-ibu mulai melakukan perawatan pada kulit si kecil dengan baik dan benar. Adapun tips-tips yang bisa Anda terapkan, sebagai berikut:

1. Memilih produk perawatan bayi yang tepat.
Langkah pertama dalam merawat kulit si kecil yang sensitif adalah dengan mencari produk yang sesuai. Pilihlah produk yang khusus untuk bayi dengan kandungan bahan-bahan yang sudah terbukti aman dan tidak menimbulkan iritasi kulit bayi. Seperti Sleek Baby misalnya yang bebas paraben dan sudah teruji secara klinis untuk merawat kulit bayi dan terbebas dari iritasi.

2. Menggunakan produk secukupnya saja.
Gunakan sabun mandi cair bayi atau shampoo bayi secukupnya saja. Karena bayi yang baru lahir sebenarnya secara alami memiliki perlindungan sendiri pada tubuhnya. Terlalu sering memandikannya ditambah menggunakan produk secara berlebihan akan menghilangkan pertahanan alami tersebut.

3. Segera ganti popok bayi yang sudah basah.
Ruam yang berupa bintik-bintik merah pada pantat bayi biasanya terjadi karena penggunaan popok yang terlalu lama dan dalam kondisi basah. Agar hal ini tidak terjadi lagi, periksa dan gantilah popok bayi sesering mungkin. Segera ganti popok bayi yang sudah basah agar si kecil nyaman dan tidak menimbulkan ruam-ruam.

0 komentar:

Posting Komentar