Selasa, 23 April 2019

Penyebab Keluarnya Darah pada Wanita selain Haid


Wanita akan mengeluarkan darah secara normal ketika mengalami haid sesuai dengan siklusnya. Setiap orang memiliki waktu yang berbeda-beda. Selain haid, ini penyebab keluarnya darah pada wanita yang bisa saja terjadi. Ketahui penyebab ini agar tidak panik saat mengalaminya. 

1. Hormon Tidak Seimbang
Hormon yang ada di dalam tubuh sangat mempengaruhi proses metabolisme. Keluarnya darah selain dari siklus haid bisa dialami karena hormon yang tidak seimbang. Kondisi hormon yang tidak seimbang terjadi karena kebiasaan makan yang tidak teratur. Mengonsumsi pil KB, mengalami kelenjar tiroid, dan adanya masalah di bagian ovarium. 

2. Fibroid dan Kanker
Penyebab pendarahan lainnya dapat terjadi karena adanya masalah pada uterus yaitu fibroid. Masalah lainnya dapat disebabkan karena mengalami kanker. Penyakit ini yang membuat darah keluar dari vagina dan bisa terjadi kapan saja. Anda perlu memastikan ke pihak medis untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya agar dapat ditangani. 

3. Kehamilan
Darah yang keluar dapat terjadi karena adanya komplikasi saat sedang hamil. Masalah yang terjadi ini biasanya dialami karena kehamilan ektopik. Anda yang mengalami pendarahan pada kondisi ini harus segera mendapatkan penanganan agar tidak ada risiko buruk yang terjadi. 

4. Alat kontrasepsi
Setelah berhubungan keluar darah bisa saja dialami karena Anda menggunakan alat kontrasepsi yang dipasang pada vagina. Jika menggunakan alat kontrasepsi harus sangat berhati-hati agar tidak mengalami pendarahan. Lebih baik lagi jika memilih jenis alat kontrasepsi lainnya ketika sudah mengalami masalah ini. 

5. Stres
Padahal tidak dalam jadwal menstruasi tetapi Anda mengalami pendarahan maka penyebabnya bisa saja karena sedang stres. Ketika dalam kondisi stres hormon di dalam tubuh bisa terganggu dan bisa membuat Anda mengalami pendarahan ringan. Darah keluar beberapa tetes dan hanya berlangsung dalam waktu singkat saja atau hanya keluar berupa bercak. 

6. Penyakit Menular Seksual
Tidak ada yang ingin mengalami penyakit menular seksual karena risikonya akan sangat buruk bagi kesehatan. Anda yang mengalami pendarahan padahal tidak dalam kondisi haid dapat terjadi karena menderita penyakit menular seksual. Penyakit ini tidak bisa diketahui langsung saat baru mengalaminya. Anda baru akan mengetahuinya setelah berlangsung lama. 

Biasanya akan diketahui karena adanya berbagai hal yang terjadi setelah berhubungan seks. Salah satunya pendarahan yang dialami. Penting sekali hal ini untuk segera ditindaklanjuti jangan sampai Anda mendiamkannya saja karena akan berisiko buruk ke depannya nanti. 

Kondisi kesehatan bagian penting yang perlu diperhatikan dengan baik. Jangan sampai Anda mengabaikan hal penting yang berhubungan dengan kesehatan. Jaga kebersihan saat sedang haid dan saat melakukan hubungan intim agar tidak mengalami risiko yang buruk. Ketika ada bagian di daerah vagina yang mengalami sakit Anda juga perlu melakukan pemeriksaan agar lebih pasti. 

0 komentar:

Posting Komentar