Sabtu, 04 Mei 2019

Tips Memilih Bata Merah untuk Bangunan Rumah Anda


Sesaat setelah berkeluarga, tentu rumah merupakan kebutuhan yang menjadi prioritas. Rumah menjadi tempat untuk bisa berkumpul bersama keluarga Anda tercinta. Agar menciptakan rumah yang nyaman, Anda bisa mendesain rumah sendiri sesuai dengan selera dan keinginan Anda, misalnya gaya rumah modern, klasik, minimalis, Eropa, dan masih banyak model lainnya. Tentu saja, agar rumah Anda bisa dirancang dengan baik, Anda membutuhkan jasa bangun rumah.

Selain gaya dan desainnya, sebuah rumah juga harus memiliki bangunan yang kuat. Hal ini tentu saja berkaitan dengan material yang digunakan. Salah satu material yang sering digunakan yaitu bata merah. Bata merah merupakan tanah yang dicetak kemudian dibakar hingga benar-benar kering dan berwarna merah. Bata merah banyak digunakan karena bisa membuat keadaan rumah menjadi lebih sejuk.

Bata merah banyak diminati karena memiliki beberapa keunggulan, diantaranya harganya yang lebih murah, mudah ditemukan dimana-mana, tahan terhadap panas, ukurannya lebih kecil sehingga memudahkan pengangkutan, tidak memerlukan perekat khusus, dan membuat rumah menjadi lebih dingin atau adem. 

Dengan beberapa keunggulan tersebut, tentu saja bata merah ini  Anda jadikan untuk material bahan bangunan rumah Anda. Namun sebelum Anda memutuskan untuk membeli bata merah, sebaiknya kenali dulu beberapa tips memilih bata merah yang berkualitas. Hal ini dikarenakan tidak sema pabrik memproduksi bata merah dengan kualitas yang baik. 

Oleh karena itu, sebelum Anda memesan bata merah dan jasa bangun rumah, ikuti tips memilih batu merah berikut ini.

1. Pilih bata yang berwarna merah keunguan
Langkah yang pertama yaitu memilih bata yang berwarna merah keunguan. Batu bata pada dasarnya terbuat dari tanah liat yang berwarna kecoklatan, lalu diproses sedemikian rupa menjadi batu bata yang mentah yang nantinya akan dibakar agar lebih matang dan meiliki struktur yang kuat. Jika bata tersebut sudah matang, maka warnanya akan menjadi merah keunguan, yang artinya sudah melalui proses pembakaran yang baik.

2. Pilih bata yang memiliki suara seperti benturan loagam
Langkah yang kedua yaitu memilih bata yang memiliki ciri khas suara. Cobalah untuk membenturkan dua buah bata. Bata yang menghasilkan suara seperti benturan logam atau suara gemericing berarti memiliki kualitas yang baik. Bata tersebut memiliki struktur yang baik sehingga ketika dibenturkan seolah menyerupai benturan logam atau besi.

3. Pilih bata yang tahan terhadap air
Langkah yang ketiga yaitu memilih bata yang tahan terhadap air. Seiring dengan berjalannya waktu, air bisa menyebabkan dinding menjadi rapuh. Air juga bisa membuat bangunan menjadi tidak tahan lama apalagi jika menggunakan bata berkualitas rendah. 

Maka dari itu, pilihlah bata yang berkualitas tinggi. Cara mengeceknya yaitu dengan merendamnya pada baskom berisi air biasa. Lihat hasilnya dalam beberapa jam, apakah bata itu mudah hancur atau tidak.

4. Pilih bata yang ‘tahan banting’
Langkah yang terakhir yaitu memilih bata yang tahan banting atau tidak mudah pecah. Hal ini penting agar dinding bangunan tidak mudah retak dan hancur. Cara mengeceknya yaitu Anda bisa menjatuhkannya dari ketinggian 1 meter. Umumnya, bata yag berkualitas baik tidak akan hancur pada ketinggian 1 meter.

Demikianlah beberapa tips dalam memilih bata merah untuk bangunan rumah Anda. Jika Anda akan membangun rumah dalam waktu dekat, Anda bisa menggunakan jasa bangun rumah untuk mewujudkan rumah impian yang sudah Anda idam-idamkan.

1 komentar:

  1. jika sudah mengetahui tips memilih rumah impian seperti apa yang Anda inginkan, jangan lupa di cek untuk asuransi nya yang paling terbaik Asuransi Rumah

    BalasHapus