Kamis, 17 Oktober 2019

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat


Saat seseorang sedang mengalami flu, pilek, alergi dan batuk salah satu masalah yang sering mereka keluhkan adalah hidung tersumbat. Karena Hal ini lah yang tentunya sangat menggangu rutinitas sehari-hari dan langsung mencari cara mengatasi hidung tersumbat. Lalu apakah yang sebenarnya terjadi ketika seseorang mengalami hidung tersumbat? Menurut dokter dab ahli kesehatan, ketika seseorang sedang flu dan menyebabkan hidung tersumbat. sebenarnya mereka sedang terjangkit virus yang mengandung bahan kimia histamines. Virus ini yang akan meningkatkan aliran darah ke hidung, sehingga jaringan yang ada di dalam hidung menjadi membengkak dan juga meradang. Kondisi ini lah yang membuat udara yang keluar atau masuk lewat hidung hanya memiliki sedikit ruang, jadi disinilah kita merasa pengap dan juga tersumbat. Selain itu, hidung akan memproduksi lendir saat sedang flu, sehingga hal ini akan terasa makin tersumbat lagi. Tetapi ketahuilah, ada banyak sekali cara untuk mengencerkan lendir di hidung Anda sehingga dapat membantu melegakan pernafasan. Seperti yang dilansir dari sumber terpercaya, berikut beberapa cara mengatasinya.

Menggunakan Semprotan hidung

Saline spray atau semprotang khusu hidung yang mengandung garam dapat membantu mengeluarkan lendir. Menurut Medineplus, Semprotan ini cukup banyak di jual di apotek atau toko obat. Namun, Anda juga busa membuat sendiri dengan menggunakan campuran air hangat, garam dan soda kue yang ditampung pada baskom dan kemudian dihirup, Akan tetapi, mereka menghimaby agar jangan terlalu sering melakukannya. Sebab, terlalu banyak menghirup zat garam dapat menimbulkan infeksi pada hidung. Dan ada baiknya meminta konsultasi terlebih dahulu kepada dokter anda. 

Meniup Hidung 

Saat hidung tersumbat, cobalah untuk meniup lembut ke arah atas, menurut mayo clinic yang berada di Amerika serikat, cara tersebut sedikit banyak bisa membantu menghilangkan lendir di saluran hidung. 

Menghirup Uap Hangat 

Mandi dnegan menggunakan air hangat sebanyak 2 kali sehari dapat membantu melegakan saluran pernapasan. Sebab saat Anda menghirup uanp hangat tersebut lendir di dalam hidung busa mencair. Namun juga meletakan wajah di atas baskom yang berisi air hangat dan mulailah menghirup uapnya. 

Berbaring dengan bantal yang agak tinggi

Hidung tersumbat seringkali terjadi saat tidur malam hari. Maka, sebaiknya ketika tidur gunakan bantal yang lebih tinggi, agar lendir di dalam hidung bisa tetap mengalir ke dalam tenggorokan Anda. 

Menggunakan humidifier 

Humidifier atau alat pelembab udara sangat membantu mencairkan lendir di dalam hidung. Selain itu, alat tersebut juga bisa mencegah Anda dari kemungkinan terkena iritasoi pada hidung jika terlalu sering menghirupnya.

Mengkonsumi bawang putih 

Mengkonsumsi bawang putih dipercaya bisa membantu meredakan hidung tersumbat. Pasalnya bawang putih memiliki kandungan antibakteri dan juga anti-jamur yang bauk untuk meredakan hidung tersumbat. Cara yang dianjurkan untuk mengkonsumi bawang putih adalag dengan mengunyahnya mentah secara langsung. jika tidak bisa memakan nya secara langsung anda bisa mencmpurkannya dengan makanan-makanan yang biasa anda makan.

Menghindari pengunaan AC dan kipas angin

Ketika anda mengalami hidung tersumbat, disarankan untuk menghindari pengunaan AC dan juga kipas angin di dalam ruangan. Udara dingin yang dihasilkan oleh AC dan kipas angin dapat memperparah hidung tersumbat yang Anda alami, Ada baiknya membiatkan udara didalam ruangan menjadi lebih hangat, karena udara hangat bisa cepat menyembuhkan hidung yang sedang tersumbat.

1 komentar:

  1. hidung tersumbat ini sungguh nggak enak banget, apalagi sekarang lagi musim peralihan dari kemarau ke penghujan, siap2 banyak yang flu deh.

    Salam,
    Clotee

    BalasHapus