Rabu, 30 Oktober 2019

Waspadai Ciri-ciri Kanker Serviks Sejak Dini


Kanker serviks atau kanker leher rahim merupakan penyakit yang menyerang leher rahim dan disebabkan oleh Human Papilloma Virus atau HPV. Kondisi ini umumnya disadari ketika telah memasuki stadium lanjut. Karena itu, selain melakukan pemeriksaan rutin, Anda perlu mengamati berbagai ciri-ciri kanker serviks, agar bisa dikenali sejak dini dan dilakukan pengobatan secepatnya.

Meskipun penyakit kanker serviks seringkali sulit untuk dikenali sejak dini, namun kita perlu mengetahui beberapa ciri-ciri kanker serviks secara umum agar dapat diwaspadai. Berikut ciri-ciri kanker serviks yang perlu Anda ketahui:

1.  Keluar darah dari vagina yang tidak normal

Salah satu gejala awal kanker serviks yang cukup khas yakni adanya perdarahan abnormal dari vagina. Perdarahan dapat terjadi lebih banyak atau pun lebih sedikit dari menstruasi biasanya, di antara periode menstruasi atau pada wanita yang sudah menopause. Pendarahan vagina juga dapat terjadi saat berhubungan seksual.

2. Sakit pada bagian panggul saat seks

Apabila Anda mengalami perdarahan pada vagina disertai dengan nyeri di bagian panggul, jangan remehkan tanda tersebut. Pasalnya, kedua kondisi itu bisa menjadi gejala awal dari kanker serviks. Nyeri di area panggul ketika memasuki masa haid mungkin hal biasa, dan akan hilang dengan sendirinya seiring selesainya haid. Akan tetapi, sakit atau nyeri pada panggul bisa terjadi kapan pun, khususnya selama Anda melakukan hubungan seksual.

3. Keputihan yang tidak normal

Keputihan yang normal seharusnya tidak berwarna dan tidak disertai bau apa pun. Sementara ketika keputihan berbau menyengat, amis, dan beda dari biasanya, kemungkinan besar merupakan gejala awal kanker serviks.

4.  Frekuensi buang air kecil meningkat

Para wanita nampaknya harus berhati-hati jika merasakan sakit ketika buang air kecil dan tidak bisa menahan keinginan untuk ke kamar kecil.  Karena keduanya bisa menjadi indikasi kanker serviks. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh sel kanker yang tumbuh mengelilingi leher rahim, lalu menyebar hingga ke kandung kemih.

5. Kelelahan parah

Secara khusus, kelelahan parah yang merupakan tanda dari adanya kanker leher rahim biasanya disebabkan akibat perdarahan vagina yang tidak normal. Kondisi ini kemudian membuat jumlah sel darah merah dan oksigen di dalam tubuh menurun. Akibatnya, Anda merasa sangat lelah sepanjang waktu tanpa alasan yang jelas. Dalam arti, Anda bisa mengeluh kelelahan meski sedang tidak melakukan aktivitas yang cukup berat.

6. Berat badan menurun tiba-tiba

Penurunan berat badan tiba-tiba sebenarnya tidak selalu mengarah pada ciri-ciri kanker serviks. Hanya saja, sebaiknya tetap tidak boleh disepelekan, terlebih lagi ketika penurunan berat badan ini datang bersamaan dengan berbagai gejala kanker serviks lainnya.

Deteksi dini kanker serviks penting dilakukan karena semakin dini kanker terdeteksi, maka harapan sembuh dari kanker serviks akan lebih tinggi. Selain itu, vaksinasi HPV untuk pencegahan kanker serviks juga penting untuk Anda dapatkan. Jika terdapat tanda gejala di atas, jangan ragu untuk konsultasikan ke dokter.

Namun apabila Anda telah di diagnosis mengidap kanker serviks tingkat 1, dokter akan menyarankan Anda mengkonsumsi beberapa obat-obatan untuk memperlambat pertumbuhan kanker. Anda juga disarankan untuk menjalani diet dan pola hidup lebih sehat. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan antara lain adalah dengan cara menghindari rokok, minuman beralkohol, makan makanan yang sehat tanpa pengawet, dan lakukan olahraga.

Bila diperlukan konsumsi pula suplemen dan nutrisi khusus penambah kecukupan gizi dengan Nutrican yang dapat menutrisi pasien kanker. Nutrican adalah makanan diet khusus sebagai suplemen kanker dengan tinggi energi dan protein yang diformulasikan khusus untuk meningkatkan nafsu makan dan berat badan pasien dengan penyakit kronis.

0 komentar:

Posting Komentar