Selasa, 26 November 2019

Alat Make Up Apa Saja yang Penting untuk Digunakan?


Ketika beranjak dewasa, setiap wanita pasti ingin mempercantik diri dengan dandan dan mengoleksi alat make up selengkap-lengkapnya. Make up juga dengan mudah dapat kita temui baik melalui toko offline ataupun online. Nah girls, sudahkah kalian melengkapi make up di rumah? Yuk, simak apa saja alat make up yang wajib Anda miliki untuk mempercantik diri.

1. Foundation

Foundation atau alas bedak adalah hal terdasar yang harus Anda aplikasikan pertama kali setelah membersihkan wajah. Alas bedak ini dimaksudkan untuk menyamakan warna wajah agar tidak belang dan digunakan sebagai dasar make up. 

Foundation sendiri memiliki banyak bentuk, mulai dari berupa stik hingga cair. Untuk meratakan foundation pada wajah, Anda dapat menggunakan brush ataupun beauty blender. Ketika hendak membeli foundation, pastikan Anda memilih shade yang sesuai dengan warna kulitmu ya. Harga Foundation juga bervariasi tergantung merek dan besarnya. Anda bisa mendapatkannya mulai dari harga Rp 10.000 saja loh, girls!

2. Concealer

Concealer atau color corrector sendiri terlihat mirip dengan foundation, namun ia memiliki tekstur yang lebih kental. Tidak seperti foundation, concealer tidak diaplikasikan ke seluruh wajah dan hanya digunakan untuk menutupi noda-noda atau bagian gelap agar terlihat lebih cerah. Contohnya saja adalah kantong hitam pada bawah mata, Anda pasti tidak ingin make up mu terlihat kurang maksimal karena ada mata panda kan? 

Karena itu diperlukan concealer untuk menutupinya. Concealer juga tersedia dalam beberapa warna seperti warna kulit, kuning, pink, hijau, biru atau ungu. Warna kulit/netral paling sering digunakan agar warnanya mudah membaur dengan warna asli kulit kita. Biasanya warna ini digunakan untuk area-area pada wajah yang memiliki warna berbeda. Sedangkan warna pink untuk mencerahkan wajah, dan menetralkan warna biru/daerah gelap pada wajah. 

Warna kuning difungsikan untuk menutupi lebam pada wajah/keunguan bekas tanda lahir. Warna hijau untuk daerah kemerahan, menutupi jerawat dan bekasnya. Warna ungu untuk menutupi daerah kekuningan pada wajah bekas lebam yang sedikit memudar. Anda tidak perlu khawatir, karena sebenarnya concealer dapat digunakan tanpa harus menggunakan seluruh warna yang tersedia.

3. Compact Powder

Compact powder adalah bedak dengan tekstur yang padat.Bedak yang biasa disebut juga sebagai pressed powder ini dikemas dalam wadah dengan cermin kecil serta puff di dalamnya. Setelah menggunakan concealer dan foundation, Anda bisa mengaplikasikan compact powder ini ke seluruh wajah dengan puff yang tersedia di dalamnya. Bedak yang mengandung minyak serta pelembab ini memiliki coverage yang tinggi sehingga Anda tidak perlu touch up atau membenahi make up berkali-kali.

4. Loose Powder

Loose Powder adalah bedak tabur yang memiliki fungsi kurang lebih sama dengan compact powder. Namun, loose powder memiliki coverage yang lebih rendah dibandingkan dengan compact powder sehingga perlu diaplikasikan beberapa kali dalam sehari. Karena teksturnya yang ringan, loose powder ini cocok bagi Anda yang ingin make up natural agar tidak terlalu tebal.

5. Blush On

Siapa yang tidak tahu blush on atau pemerah pipi? Saat ini blush on tidak hanya tersedia dalam bentuk padat, namun ada juga yang berbentuk krim serta stik. Blush on digunakan agar wajah terlihat berseri dan tidak pucat. 

Warnanya pun tersedia macam-macam mulai dari oranye, merah muda, hingga merah. Untuk menghemat biaya, biasanya orang-orang tidak membeli blush on, melainkan menggunakan lipstick untuk membuat pipi merona. Cukup aplikasikan sedikit lipstick pada pipi, dan geser perlahan dengan jari/beauty blender secara perlahan.

6. Highlighter

Make up yang satu ini tidak wajib digunakan bagi Anda yang menginginkan hasil natural untuk penampilan sehari-hari. Highlighter sendiri dimaksudkan untuk menonjolkan fitur-fitur pada wajah dengan memberi dimensi. Bagian yang perlu diberi highlighter adalah dahi, tulang alis, tulang pipi, ujung hidung, ujung cekungan atas bibir, dan sedikit pada dagu. Namun, hal ini kembali lagi pada masing-masing pribadi, bagian mana yang ingin kita tonjolkan. 

7. Eyeshadow

Eyeshadow atau pewarna mata adalah alat berikutnya yang digunakan pada kelopak mata. Kosmetik ini digunakan untuk membuat mata terlihat lebih menarik dan tidak pucat. Sama seperti foundation/blush on, eyeshadow juga tidak hanya tersedia dalam bentuk padat, namun ada juga yang berupa krim, bubuk, ataupun pressed cake. Anda bisa melihat banyak tutorial pengaplikasian eyeshadow melalui youtube sesuai hasil yang Anda inginkan. 

8. Eyeliner

Alat yang satu ini digunakan untuk membuat garis tepi di atas mata dan dimaksudkan untuk menegaskan bentuk mata. Selain itu, eyeliner juga digunakan agar mata terlihat lebih besar. Eyeliner biasanya berbentuk cair, namun ada juga yang padat. Penggunaan eyeliner memang sedikit sulit bila tidak terbiasa menggunakannya. Karena hal itu, kini tersedia eyeliner dalam bentuk pensil agar kita lebih mudah dalam mengaplikasinnya di mata.  

9. Pensil Alis

Siapa sih yang tidak pernah mendengar tentang pensil alis? Make up ini telah menjadi kewajiban dari banyak wanita. Bahkan beberapa wanita merasa baik-baik saja bila tidak make up, namun keberatan bila tidak menggunakan pensil alis jika keluar rumah. Sesuai namanya pensil alis diaplikasikan pada alis sesuai bentuk alis kita untuk menegaskan bentuk alis. Sekarang ini bukan hanya ada pensil alis tapi juga eyebrow powder. 

Eyebrow powder biasanya diperuntukan bagi mereka yang sudah memiliki bentuk alis namun mungkin bulu-bulunya masih jarang sehingga perlu ditebali lagi. Selain itu, hasil yang diberikan oleh eyebrow powder juga jauh lebih natural. Sedangkan pensil alis, memberikan bentuk dan warna yang lebih tegas. Anda harus berhati-hati bila menggunakan pensil alis agar bentuk yang digambar terlihat simetris dan tidak aneh, ya!

10. Lipstick/Lipgloss/Liptint

Lipstik adalah pewarna bibir yang digunakan agar bibir tidak pucat dan wajah terlihat lebih sehat. Saat ini pewarna bibir juga bukan hanya berbentuk padat namun ada juga yang cair. Salah satunya adalah lipgloss. Lipgloss merupakan pewarna bibir dengan kandungan minyak tinggi sehingga memberikan kesan berkilau/glossy pada bibir. 

Selain lipgloss, adajuga liptint yang saat ini ramai digunakan oleh kalangan remaja karena pengaruh dari Korea. Liptint adalah pewarna bibir yang cenderung melembabkan dan bersifat lebih ringan dibandingkan lipstik sehingga hasil yang diberi tidak terlihat berat atau menor. Penggunaannya yang unik yaitu dengan sistem gradiasi, tebal/gelap pada bagian bibir dalam dan tipis/terang di bagian luar bibir ala-ala Idol Korea.

Nah, itu dia tadi macam-macam alat make up yang dapat Anda gunakan. Bagaimana? Apakah amunisimu sudah lengkap atau belum? Anda juga tidak perlu khawatir karena make up ini mudah ditemukan di mana-mana dengan harga bervariasi. Jangan lupa untuk memilih dan menggunakan make up sesuai dengan warna kulit Anda agar hasil yang didapat terlihat lebih maksimal ya!

0 komentar:

Posting Komentar