Senin, 11 November 2019

Ini 6 Langkah Mudah Melakukan Kredit Mobil Bekas Lewat Perorangan


kredit mobil bekas bisa menjadi penyelesaian tepat agar Anda mendapatkan mobil secara cepat dengan modal yang minim. Pembelian barang dengan cara kredit semakin populer belakangan ini. Baik untuk barang sehari-hari, barang elektronik, bahkan property sekalipun. Begitu juga dengan kendaraan pribadi seperti mobil. Tak hanya mobil baru, kendaraan bekas juga dapat dibeli dengan cara kredit. 
Ada dua teknik yang dapat dilakukan ketik Anda ingin membeli mobil bekas secara kredit, yakni mencarinya di showroom mobil bekas atau lewat perorangan. Ketika Anda memilih untuk membeli di showroom, Anda tidak akan kesulitan karena pihak showroom akan menolong proses kreditnya. Di samping itu, Anda juga dapat mencoba kredit mobil bekas tanpa DP. Jadi Anda hanya perlu membayar ongkos booking fee yang biasanya hanya sekitar 3 sampai 5 juta. Perlu diingat, walaupun kredit mobil tanpa DP dapat dengan mudah didapatkan, hal ini berimbas dengan biaya cicilan bulanan yang juga akan membengkak oleh karena itu cocokkan kembali dengan kondisi finansial Anda. 
Tapi, bagaimana jika Anda menginginkan kredit mobil second lewat perorangan? Jika Anda tertarik dengan kredit mobil bekas, simak 6 langkah mudah melakukannya di bawah ini.

1. Pilihlah mobilnya

Langkah kesatu, pastikan dulu pilihan Anda terhadap satu mobil bekas yang dipasarkan oleh penjual perorangan. Ketika pilihanmu telah pasti, hubungi si penjual dan katakan bahwa Anda akan membelinya secara kredit.

2. Pilih bank atau lesing terpercaya

Setelah memilih mobil bekas yang ingin dibeli, saatnya Anda memilih bank leasing terpercaya dalam kredit mobil bekas. Dalam hal memilih leasing, pilih yang dipantai OJK (Otoritas Jasa Keuangan) yang terjamin keamanannya. Dan tentunya juga menawarkan bunga ringan.

3. Pilih asuransi

Saat melakukan kredit mobil bekas, ada baiknya disertai dengan asuransi. Terdapat dua jenis asuransi pada mobil yang mesti Anda ketahui, yakni asuransi all risk dan Total Loss Only. Asuransi all risk ialah asuransi yang menanggung kerugian segala risiko. Sedangkan TLO ialah asuransi yang menanggung ririko hilang

4. Ajukan kredit mobil ke bank

Ketika mobil dan leasingnya telah ditentukan, tahapan selanjutnya ialah mengajukan kesepakatan kredit mobil di bank atau kantor leasing bersama penjual mobil bekas. Penjual akan membawa mobil serta surat-surat yang diperlukan. Sedangkan pembeli mesti menyiapkan KTP, KK, Kartu NPWP, salinan buku tabungan, slip gaji, rekening telepon serta listrik. Ini diperlukan untuk kebutuhan kredit mobil bekas.

5. Survey keadaan mobil

Usai menyelesaikan persyaratan administrasi, pihak bank atau leasing akan memberitahu kepada Anda soal persetujuan pengusulan kredit ini. Apabila pengusulan berjalan baik dan permintaan Anda disetujui, Anda akan diminta menandatangani dokumen tentang ketentuan pembiayaan, jumlah cicilan, dan cara pembayaran. Usai dokumen ditandatangani, maka bank akan mencairkan dana ke penjual mobil bekas. Setelah itu, pembeli dapat melakukan pembayaran.

0 komentar:

Posting Komentar