Jumat, 27 Desember 2019

7 Soft Skill yang Harus Dimiliki Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Sumber : medium.com
Revolusi industri 4.0 semakin dekat, dalam revolusi ini hampir semua aspek kehidupan akan berubah. Akan banyak bermunculan teknologi canggih yang bisa membantu pekerjaan manusia. Bisa dikatakan revolusi industri ini akan banyak mengurangi tenaga manusia untuk bekerja. Lalu bagaimana agar bisa bersaing dalam revolusi industri ini? Kadin menjelaskan kuncinya adalah soft skill.
Selama ini banyak orang yang masih mengandalkan kemampuan hard skill nya untuk menghadapi dunia industri. Namun dalam revolusi industri 4.0 nanti hampir semua hard skill manusia bisa digantikan oleh robot. Oleh karena itu, kamu harus mempunyai 7 soft skill berikut ini agar mampu bersaing di era industri 4.0.

1. Pemikiran yang Kritis

Kritis adalah pemikiran yang logis dan detail dalam menghadapi sebuah masalah. Untuk menghadapi revolusi industri 4.0 kamu harus mulai untuk kritis dalam menyikapi berbagai hal. Pemikiran kritis ini akan membuatmu menjadi sumber daya yang handal dan berkualitas.

2. Kemampuan Pemecahan Masalah

Robot tidak mungkin bisa memecahkan masalah yang tidak diprogram bukan? Kamu harus mempunyai soft skill ini agar mampu bersaing di revolusi industri 4.0. Kamu harus mampu menyelesaikan masalah dan memberikan solusi yang tepat.
Dalam era industri 4.0 kamu dituntut untuk mampu memecahkan banyak masalah kompleks. Kemampuan inilah yang akan membuat kamu berhasil dalam persaingan industri 4.0.

3. Kreatif

Kreativitas harus dimiliki agar tidak kalah bersaing. Kamu harus mampu untuk menemukan ide yang unik dan berbeda. Mengikuti tren hanya akan membuat kamu tidak berhasil. Usahakan ciptakan hal baru yang unik dan menarik.

4. Manajemen dan Koordinasi

Soft skill lainnya yang harus kamu miliki adalah manajemen dan koordinasi. Kemampuan ini sangat penting untuk membentuk sebuah relasi bisnis. Dengan koordinasi yang bagus bisa dipastikan kamu akan sukses dalam revolusi industri ini.
Tidak hanya koordinasi dan manajemen dengan orang saja, kamu juga harus mampu memanajemen waktu. Melakukan manajemen waktu ini memang sulit jadi dibutuhkan proses yang tidak sebentar.

5. Kecerdasan emosi

Ini merupakan hal yang jarang dimiliki oleh SDM. Kecerdasan emosi merupakan kemampuan untuk mengontrol emosi diri. Tidak hanya mengontrol emosi tapi juga mengelolanya dengan baik.

6. Kemampuan Untuk Mengambil Keputusan

Banyak orang yang sulit untuk mengambil sebuah keputusan, keragu-raguan dan tidak percaya diri menjadi alasannya. Untuk sukses menghadapi revolusi industri 4.0 kamu harus bisa mengambil keputusan dengan tepat.
Pengambilan keputusan yang tepat dibutuhkan pemikiran yang matang. Kamu harus mempertimbangkan banyak hal agar keputusanmu tidak merugikan diri sendiri dan orang lain. Kemampuan ini tidaklah mudah untuk dikuasai dan harus diasah secara terus menerus.

7. Kemampuan Negosiasi dan Melayani

Melakukan negosiasi akan sering kamu lakukan dalam dunia bisnis terutama dalam revolusi industri ini. Negosiasi yang baik bukan memaksakan kehendak melainkan menemukan win win solution agar tercapai kesepakatan. Kemampuan ini tidaklah mudah tapi akan sangat bermanfaat untuk menghadapi revolusi industri.
Tidak hanya negosiasi, kamu juga harus bisa untuk melayani kolega dan orang lain. Pelayanan yang baik berdampak baik pula pada usaha yang sedang kamu kerjakan. Orang akan lebih terkesan terhadap pelayanan yang diberikan.
Ketujuh soft skill ini wajib dimiliki oleh SDM Indonesia agar bisa bersaing menghadapi revolusi industri 4.0. Mungkin pekerjaan hard skill bisa diambil alih oleh robot, namun kemampuan soft skill manusia tidak bisa digantikan robot. Melalui Kadin Indonesia kamu bisa meningkatkan soft skill yang harus dimiliki ini.

0 komentar:

Posting Komentar