Rabu, 01 Januari 2020

Perbedaan Pengiriman Cargo Dan Pengiriman Barang Ekspedisi

C:\Users\maria.WEBARQ\Pictures\SERA\pengiriman cargo.jpg
Cargo merupakan barang dikirim melalui jalur udara, darat, atau laut menuju tempat tujuan dalam kota, luar kota, bahkan luar negeri. Sedangkan yang melakukan proses pengiriman cargo tersebut disebut dengan jasa pengiriman cargo  atau barang.
Perusahaan pengiriman barang merupakan suatu badan usaha yang bergerak di bidang pengiriman barang. Minat masyarakat terhadap jasa pengiriman sangatlah tinggi diakibatkan dari kemajuan teknologi informasi yang dapat membantu masyarakat mencari jasa cargo hanya dengan bantuan internet.
Jasa pelayanan pengiriman barang tersebut di masyarakat mendapatkan dua julukan yaitu pengiriman ekspedisi dan jasa pengiriman cargo. Pandangan masyarakat masih menganggap bahwa kedua istilah tersebut adalah hal yang berbeda. Masyarakat beranggapan bahwa pengiriman ekspedisi hanya mengirim barang dengan skala kecil dan jasa pengiriman cargo mampu mengirim barang dengan skala yang lebih besar. padahal keduanya adalah sama dengan tujuan pelayanan yang juga sama yaitu Mengirimkan Berbagai Barang.

Wujud jasa pengiriman barang

Jasa pengiriman cargo atau barang terdiri dari beberapa macam. Namun hal tersebut biasanya disesuaikan dengan standar barang yang akan dikirim.

1. Pengiriman melalui darat

Pengiriman barang melalui darat terdiri dari dua jenis yaitu full truck load (FTL) dan less than truck load (LTL).

2. Pengiriman melalui laut

Proses pengiriman melalui laut umumnya menggunakan kontainer, namun juga dibedakan berdasarkan kapasitas barang yang akan dikirim.

3. Pengiriman melalui udara

Pengiriman melalui udara bisanya dipilih karena kecepatannya. Sehingga tarif yang harus dikeluarkan pun akan lebih mahal dibandingkan dengan pengiriman melalui darat dan laut.

4. Pengiriman melalui kurir

Menggunakan kurir adalah metode pengiriman yang paling cepat dibandingkan yang lainnya. metode ini bisanya akan dipilih saat barang yang hendak dikirim memiliki berat dan volume yang sangat kecil dan harus terkirim secepat mungkin.
Masing-masing jenis tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Contoh beberapa kebutuhan yang menggunakan jasa pengiriman cargo adalah pindahan rumah, pengiriman barang, pindahan kantor, kirim makanan, pengiriman kendaraan seperti mobil atau motor, dan masih banyak lagi.

0 komentar:

Posting Komentar