Kamis, 06 Februari 2020

Sama Tapi Tak Serupa, Inilah Perbedaan Mentega dan Margarin


Siapa yang sering kesulitan membedakan antara mentega dan margarin? Kedua bahan yang sering kali digunakan dalam pembuatan kue tersebut memang sekilas sama. Bahkan bagi para pemula terjun ke dapur bisa dipastikan tidak mampu membedakan antara keduanya. Pertanyaan yang kemudian muncul adalah kenapa harus mengetahui perbedaan mentega dan margarin? Sebab, pada dasarnya mentega serta margarin mempunyai fungsi yang tak sama. Ketika salah maka kue atau cake yang dibuat tidak akan mengeluarkan aroma manis khas roti panggang.

Sebenarnya, kesalahan seperti ini bisa dikurangi dengan mengetahui ciri dari margarin serta mentega itu sendiri. Anda bisa mulai mengamati warna keduanya. Berhubung komponen pembuatan sangat berbeda. Maka, ciri yang bisa ditemukan tidak hanya satu. Berikut ini penjelasan secara lengkap. Yaitu:

  • Perbedaan pertama terlihat dari segi warna. Dimana mentega mempunyai warna lebih pucat. Sedangkan margarin kuning cerah.
  • Berikutnya, Anda bisa mengetahui mentega dari aroma yang dikeluarkan. Hal ini disebabkan oleh komponen pembuatannya sangat khas yaitu lemak hewani. Sedangkan margarin lebih hambar dengan elemen dasar lemak nabati.
  • Mentega cepat meleleh sehingga ia memerlukan ruang bersuhu dingin. Kondisi tersebut karena kandungan air pada mentega lebih besar jika dibandingkan dengan margarin.
  • Mentega termasuk produk home industri karena proses pasteurisasi. Sedangkan margarin diolah dengan sistem pabrik yang lebih kompleks.
  • Lemak jenuh pada mentega mencapai 80% serta kandungan kolesterol tinggi. Fakta itu tidak Anda temukan di margarin karena efek dari komponen dasar pembuatannya.

Sampai disini jelas bahwa mentega lebih pas untuk campuran resep cake atau kue. Ia bakal membuat roti mengeluarkan aroma manis yang membuat siapapun terlena untuk mengonsumsinya. Sedangkan margarin lebih sering digunakan dalam proses penggorengan. Meskipun begitu mentega perlu dikurangi bagi Anda yang vegetarian.

Sebab, komponen dasar dari mentega adalah lemak hewani. Sebagai gantinya Anda bisa menggunakan margarin. Sekarang tidak perlu khawatir lagi untuk membuat camilan manis yang enak. Pasalnya, perbedaan mentega dan margarin terlihat jelas. Jadi, selamat memasak.

0 komentar:

Posting Komentar