Rabu, 04 Maret 2020

5 Tips Memilih Apartemen Untuk Investasi Jangka Panjang di Era Digital

Source: pixabay.com

Jika Anda sedang memikirkan rencana investasi apartemen untuk membuat sumber pemasukan baru, Anda perlu mempertimbangkan beberapa poin krusial agar tidak salah langkah dalam menyusun strategi bisnis.

Hidup di era digital tidak serta merta membuat kita terbebas dari segala persoalan bisnis yang membingungkan. Kendati banyak peluang yang melintas di depan mata, Anda tetap perlu berhati-hati ketika memilih produk investasi, terutama untuk jangka panjang.

Memilih properti sebagai produk investasi jangka panjang adalah keputusan tepat jika Anda ingin mendapatkan passive income yang selalu bertumbuh setiap tahunnya. Selain itu, keuntungan yang kita peroleh biasanya akan selalu bergerak stabil, karena harga properti khususnya apartemen nyaris tidak pernah terpengaruh oleh fluktuasi ekonomi.

Tips Investasi Apartemen Untuk Jangka Panjang

Source: pixabay.com

Untuk Anda yang sedang memilih unit apartemen terbaik untuk dijadikan investasi jangka panjang, berikut Jendela360 bagikan tipsnya!

Sewakan Unit Apartemen

Menjual unit apartemen memang sama menguntungkan, tapi keuntungan tersebut hanya Anda dapatkan satu kali. Walaupun Anda menjualnya ketika harga pasar menyentuh puncaknya. Alih-alih menjual, menyewakan unit apartemen akan jauh lebih menguntungkan, terutama untuk investasi jangka panjang.

Proses sewa apartemen lebih mudah dan sederhana. Terlebih, Anda lebih berpotensi untuk mendapatkan calon penyewa dalam waktu singkat. Berapapun harga yang Anda pasang, Jendela360 akan mencarikan calon penyewa dalam waktu singkat, dan Anda hanya perlu duduk manis sambil menunggu!

Lakukan Riset Pasar

Sebelum Anda memilih apartemen, lakukan riset sederhana untuk mengetahui nilai dan prospek penjualannya. Proses ini akan lebih mudah jika Anda sudah menentukan segmen sasaran. Buatlah daftar sortir apartemen yang berada di lokasi strategis berdasarkan target Anda.

Jika Anda sudah menemukan apartemen yang dinilai menjanjikan, temuilah pihak manajemen atau pengembang untuk meminta informasi selengkapnya. Tapi ingat, jangan terlalu terpengaruh dengan penawaran atau saran mereka.

Keputusan yang Anda buat harus benar-benar sesuai dengan rencana awal. Yang perlu Anda ketahui adalah informasi dasar dan sudah seberapa tinggi prospek penjualannya.

Perhatikan Lingkungan di Sekitar Apartemen

Salah satu faktor utama yang membuat orang-orang lebih memilih tinggal di apartemen adalah kemudahan akses. Mereka menginginkan hunian nyaman yang berada di lokasi strategis agar bisa menjangkau berbagai tempat dalam waktu singkat. Oleh karenanya, perhatikan juga lokasi apartemen pilihan Anda.

Apakah apartemen tersebut dekat dengan kafe-kafe atau pusat perbelanjaan? Apakah akses transportasi publik mudah dijumpai? Lalu, seberapa jauh jarak tempuh dari apartemen menuju area perkantoran? Perhatikan lingkungan di sekitar apartemen sebelum memutuskan untuk membeli.

Perhatikan Fasilitas dan Kondisi Apartemen

Ingat, para calon penghuni mengharapkan kenyamanan ekstra ketika tinggal di unit apartemen. Kecuali jika segmen Anda memang untuk sewa harian dengan tarif super murah, Anda perlu memperhatikan ketersediaan fasilitas dan kondisi apartemen.

Cari tahu usia bangunan dan fasilitas apa saja yang tersedia. Adakah fasilitas yang perlu perbaikan atau sudah diganti dengan fasilitas baru? Apakah kondisi unit masih tetap layak huni dan tidak perlu direnovasi? Pastikan semuanya dalam kondisi sempurna agar calon penghuni nyaman tinggal di unit Anda.

Buat Rincian Biaya Secara Mendetail

Yang terakhir dan paling penting yaitu membuat rincian biaya secara lengkap dan mendetail. Cari tahu semua biaya yang harus ditanggung dari unit apartemen pilihan Anda. Jangan cuma menghitung biaya listrik, air, TV kabel, dan internet saja. Cari tahu juga biaya maintenance yang mesti dibayar.

Dalam beberapa kasus sebagian penyewa mendapati ada tagihan maintenance diluar harga kesepakatan dengan pemilik. Setelah ditelisik, ternyata biaya tersebut tidak terkalkulasikan dalam dokumen kontrak karena si pemilik tidak mengetahui semua rincian tanggungan.

Jika Anda sudah menemukan apartemen yang sesuai, Anda bisa mulai mengiklankan unit Anda kepada calon penyewa. Titipkan unit apartemen Anda di Jendela360 agar prosesnya lebih mudah dan cepat laku. Untuk info selengkapnya, silahkan ikuti panduan pemilik di situs Jendela360!

0 komentar:

Posting Komentar