Sabtu, 07 Maret 2020

Atap Bocor Saat Hujan? Ini Dia Cara Memperbaikinya


Atap rumah berfungsi untuk melindungi kita dari sinar matahari dan air hujan. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah atap rumah bocor, tentunya hal ini sangat mengganggu kenyamanan Anda apalagi saat terjadi hujan. Perbaikan atap adalah solusi yang tepat dan harus dilakukan, tapi bagaimana cara memperbaiki atap yang bocor?

Mengecek Atap Rumah Secara Rutin

Lakukan pengecekan atap rumah Anda secara rutin. Hal ini dilakukan agar Anda mengetahui dimana titik-titik atap rumah Anda yang rentan bocor. Titik yang rentan bocor pada atap rumah biasanya berada di saluran pipa air.

Apabila pipa air sudah mulai menipis dan rusak segeralah untuk mengganti atau memperbaikinya. Namun kebocoran atap rumah biasanya tidak hanya pada titik-titik tersebut saja, untuk itu pastikan Anda memeriksa dengan teliti di bagian lain juga. 

Membersihkan Talang Air 

Talang Air bisa menjadi pemicu kebocoran pada atap rumah, hal ini karena talang air tertutup oleh daun-daun dan menyebabkan genangan pada atap rumah Anda. Bersihkan talang air secara berkala untuk menghindari talang air kotor, waktu yang ideal untuk membersihkan talang air adalah dua bulan sekali. 

Cek Perimeter Atap Bocor

Setelah Anda melakukan pengecekan pada atap dan saluran air, periksalah kelengkapan atap rumah Anda dan segala isinya. Periksalah lapisan anti bocor pada genteng rumah Anda, jika ada yang berlubang segera memperbaikinya. 

Mengatur Posisi Genteng 

Periksalah genteng Anda, lihatlah apakah ada genteng yang bergeser atau turun. Pastikan kemiringan genteng rumah Anda sesuai. Jika hal ini tidak diperhatikan dengan baik bisa mengakibatkan air hujan masuk melalui celah genteng dan rumah Anda banjir.

Jika Anda menemukan genteng yang bergeser, Anda bisa mengatasinya dengan cara memasang paku pada reng yang berada dibawah genteng tersebut. Paku ini berfungsi sebagai pengganjal agar genteng tidak turun dan melorot. Namun jika ada genteng yang sudah retak sebaiknya Anda segera menggantinya. 

Mengecat Genteng dengan Cat Waterproof

Teknologi yang semakin canggih tentunya memberikan banyak kemudahan untuk kita semua. Salah satu kecanggihan yang bisa Anda manfaatkan adalah adanya cat anti air yang bisa melindungi rumah Anda. 

Atap rumah adalah salah satu bagian rumah yang harus Anda lapisi dengan cat anti air. Jadi pada saat musim hujan Anda tak perlu khawatir karena atap rumah Anda sudah aman dari kebocoran. 

Memasang Plastik di Bawah Atap

Pasanglah plastik sebelum Anda memasang genteng rumah Anda. Cara ini dilakukan agar mengurangi risiko kebocoran pada atap karena hujan. Jika genteng Anda ada yang bergeser, plastik bisa menahan air hujan yang masuk melalui genteng yang bergeser.

Memperbaiki Area yang Berdempul

Jika Anda sudah beberapa kali melakukan renovasi pada atap rumah Anda, tentunya ada beberapa area dempul yang sudah ditutupi dengan lapisan anti bocor. Seiring berjalannya waktu tentunya lapisan dempul akan terkikis oleh air hujan. 

Periksalah atap rumah Anda dan carilah beberapa titik area dempul yang mulai terkikis. Berikan perhatian khusus pada area tersebut, Anda juga bisa mengganti dan mendempul ulang area yang sudah terkikis. 

Melakukan perbaikan atap bocor tentunya adalah hal yang mudah. Namun, jika Anda bukan ahlinya sebaiknya Anda menggunakan jasa layanan perbaikan atap agar mendapatkan hasil yang maksimal. Kunjungi website Sejasa.com untuk menemukan jasa perbaikan atap yang tepat. 

0 komentar:

Posting Komentar