Minggu, 15 Maret 2020

Cara Memilih dan Membaca Ukuran Ban Loader


Ada beberapa jenis ban yang biasanya digunakan untuk kendaraan industri dan pertanian. Nama kedua ban ini adalah ban loader dan ban traktor. Nah, untuk membedakan jenis ban ini, maka Anda harus tahu cara memilih dan membaca ban ini. 

Kali ini akan disajikan informasi seputar cara memilih dan membaca ban yang harus Anda ketahui. Dengan demikian, Anda tidak akan salah dalam memilih ban dan menemukan jasa jual ban loader yang tepat.

Mengenal Kode Ban

Setiap ban memiliki kode yang berbeda dengan desain yang berbeda pula apalagi untuk jenis kendaraan berat. Berikut ini adalah macam-macam kode yang harus Anda ketahui. 

1. Kode ban loader 

Pada jenis ban ini terdapat dua kombinasi angka yang ada di kedua sisi bannya. Untuk kode yang pertama menunjukkan lebat dari ban dalam ukuran inci. Sedangkan untuk angka selanjutnya menunjukkan diameter dari pelek ban dalam ukuran inci juga. 

Misalnya saja ada sebuah ban traktor yang di dalamnya terdapat kode “24,5-32” kode ini menunjukkan bahwa ukuran ban tersebut adalah 24,5” sedangkan diameter velgnya adalah 32 inci. Sedangkan jenis ban dual sizing biasanya terdapat tambahan kode yang berada di sampingnya. 

2. Kode Ban Mobil untuk Penumpang

Sedangkan untuk mobil penumpang, ternyata kodenya jauh lebih rumit dibandingkan dengan kode lainnya. Di sini terdapat kombinasi antara huruf dan angka yang berada di sisi ban kendaraan. Sebagai contoh ban dengan kode 195/60R 14 85 H.

Keterangan:

195  : lebar penampang ban dalam ukuran mm
60    : aspek rasio
R      : konstruksi ban radial
14    : diameter pelek dalam ukuran inci
85    : indeks load
H      : simbol batas kecepatan 

3. Kode ban loader agrikultur (AGP)

Ban ini pada dasarnya memiliki kode yang sama. Namun, jika dalam ban terdapat kode 19 x 8.00 – 10. Kode ini memiliki makna 19 yang berarti diameter keseluruhan dalam ukuran inci. 8.00 memiliki makna lebar penampang dalam ukuran inci dan 10 memiliki makna ukuran diameter velgnya. 

Cara Memilih Ukuran Ban Loader yang Tepat

Pada dasarnya ban loader memiliki fungsi untuk membantu kendaraan agar memperoleh pegangan saat di lapangan. Namun, tidak semua wheel loader itu menggunakan jenis yang sama. Aktivitas yang berbeda juga membuat jenis ban yang digunakan juga berbeda. 

Setidaknya, di sini Anda harus tahu bahwa ada dua jenis ban loader yang biasa digunakan. Diantara kedua jenis ban ini adalah bias dan radial. Jenis ban bias ini memiliki dinding yang bagian sampingnya sangat tebal dan kokoh. Dengan demikian, ia bisa bertahan pada kondisi yang lebih ekstrem. 

Jenis ban ini juga memiliki beberapa jenis lapisan bahan yang saling menempel dan membentuk cangkang yang kuat. Lain halnya dengan ban radial, jenis ban ini memang didesain sedemikian rupa untuk membantu kendaraan dalam mendapatkan daya tarik yang lebih baik saat di tanah. Ban ini akan membantu kendaraan lebih hemat bahan bakar. 

Nah, di sini, dalam memilih ban Anda harus memperhatikan ukurannya. Ukuran ban sendiri akan ditentukan dari jenis kendaraan berat yang akan digunakan. Semakin berat medan dan beban yang akan ditanggung, maka akan semakin besar pula penampang dan diameter ban yang dibutuhkan. 

Selain itu, kekuatan dari velg yang digunakan juga nantinya akan sangat berpengaruh. Hal ini karena komponen yang menentukan kuat tidaknya kendaraan dari velg dan bannya. 

Dengan mengetahui cara membaca dan memilih ban loader yang tepat, maka Anda bisa menemukan ban traktor yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan. Agar lebih aman, Anda juga bisa membelinya di jasa jual ban loader dan jasa jual ban traktor yang tepat.

0 komentar:

Posting Komentar