Senin, 12 Oktober 2020

5 Keuntungan Aplikasi Absensi Karyawan untuk Perusahaan



Kehadiran karyawan adalah salah satu parameter kedisiplinan dan menjadi komponen penggajian. Pencatatan kehadiran secara manual mulai ditinggalkan banyak perusahaan. Kini, perusahaan mulai beralih kepada aplikasi absensi karyawan untuk mempermudah karyawan mencatatkan kehadiran mereka. Tak hanya karyawan, pihak perusahaan pun ikut diuntungkan dengan keberadaan aplikasi absensi karyawan.

Keuntungan Aplikasi Absensi Karyawan untuk Perusahaan

Karyawan sangat diuntungkan dengan adanya aplikasi absensi. Dengan aplikasi, karyawan dapat mencatatkan kehadiran mereka dimana saja dan kapan saja tanpa perlu mengantri di depan mesin finger print. Selain itu, menggunakan aplikasi absensi juga menjadi keuntungan tersendiri bagi karyawan yang bekerja dari rumah atau work from home. Lalu, apa saja keuntungan penggunaan aplikasi absensi bagi perusahaan? 

Memudahkan Pemantauan Kedisiplinan

Kedisiplinan adalah indikator utama dari produktivitas. Karyawan yang selalu datang tepat waktu cenderung lebih disiplin dibandingkan karyawan yang sering terlambat. Data kehadiran karyawan yang masuk melalui aplikasi akan terlihat kepada karyawan secara real time tanpa campur tangan dari pihak manapun. Dengan begitu lebih mudah bagi HRD untuk melihat karyawan mana yang sering terlambat dan karyawan mana yang selalu tepat waktu. 

Terintegrasi dengan Payroll

Data kehadiran digunakan untuk memproses payroll bulanan. Pencatatan kehadiran dengan cara manual membuat HRD harus melakukan entry data kehadiran dalam sistem payroll secara manual. Sedangkan dengan aplikasi absensi, data kehadiran yang tersimpan dapat terintegrasi dengan payroll secara otomatis. Jadi secara tidak langsung, aplikasi absensi juga membuat proses payroll bulanan lebih efektif dan cepat. 

Baca Juga: Tips Memilih Aplikasi Slip Gaji Terbaik 

Menyederhanakan Laporan Kehadiran

Setiap periode tertentu, HRD akan membuat berbagai macam laporan, termasuk laporan kehadiran. Keberadaan laporan kehadiran sangat penting untuk memahami progres kinerja karyawan dan memastikan operasional perusahaan berjalan sesuai rencana. Proses rekapitulasi dari pencatatan kehadiran manual sangat rumit dan memakan waktu lama. Sedangkan data yang masuk kedalam sistem melalui aplikasi dapat diproses langsung menjadi sebuah laporan kehadiran. 

Mengurangi Penggunaan Kertas

Penggunaan kertas identik dengan kegiatan administrasi perkantoran. Sayangnya, penggunaan kertas yang terlalu banyak tidaklah baik. Selain rumit dan tidak efisien, penggunaan kertas yang terlalu banyak tidak ramah lingkungan. Digitalisasi dalam pencatatan kehadiran melalui aplikasi absensi karyawan mampu mengurangi penggunaan kertas secara drastis. 

Hemat

Hal pertama yang menjadi keuntungan bagi perusahaan adalah hemat anggaran. Sebab, aplikasi akan di-install di masing-masing ponsel pintar karyawan. Bagaimana bisa sebuah implementasi aplikasi justru menghemat anggaran? Jadi, penggunaan aplikasi membuat perusahaan tidak perlu menganggarkan biaya untuk membeli kertas, map untuk menyimpan dokumen, pemeliharaan mesin fingerprint, dan lain-lain. 

Itulah beberapa keuntungan penggunaan aplikasi absensi karyawan untuk perusahaan. Semoga dapat menjadi pertimbangan bagi perusahaan untuk beralih kepada aplikasi. Ingin mendapatkan aplikasi absensi karyawan terbaik? 

0 komentar:

Posting Komentar