Selasa, 03 November 2020

5 Contoh Pengaruh Kehadiran Teknologi di Bidang Pendidikan


Fenomena pergeseran era konvensional ke era digital terjadi di berbagai aspek tak terkecuali di dunia pendidikan. Selain metode pembelajarannya yang bergeser ke arah digital, metode pencatatannya pun tak luput dari pergeseran. Alat tulis mulai ditinggalkan dan gadget sudah menjadi alat yang lumrah untuk dimiliki berbagai lapisan pelajar. Hal tersebut juga didukung dengan banyaknya laptop untuk mahasiswa, yang artinya pelajar atau mahasiswa ini telah dikenalkan dan dibiasakan untuk berkutat dengan teknologi kekinian.

Di dunia pendidikan sendiri, akibat perkembangan teknologi beberapa hal mulai diadaptasi seperti halnya penggunaan gadget sebagai alat mencatat, adanya kelas tanpa tatap muka dan lainnya.

Contoh-Contoh Pergeseran dari Era Pensil ke Era Gadget di Dunia Pendidikan

Pergeseran dari era konvensional ke era digital di dunia pendidikan merupakan dampak dari kemajuan teknologi yang pada akhirnya menjadi tuntutan dan membuat Anda harus menerima kehadirannya. Beberapa contoh perubahan yang terjadi di dunia pendidikan adalah sebagai berikut :

1. Alat tulis

Jaman dulu pensil, penghapus dan pena, adalah alat tulis dasar yang dimiliki semua pelajar diiringi munculnya stabilo untuk menandai bagian yang penting. Saat ini semua itu mulai ditinggalkan, teknologi membuat semuanya menjadi lebih mudah. Adanya laptop membuat para pelajar dapat mencatat, menghapus dan menandai catatannya dengan mudah.

2. Materi pembelajaran

Jika dahulu pelajar harus membeli buku sebagai materi pembelajaran, bahkan pemerintah mengeluarkan buku resmi sebagai acuan belajar. Pelajar jaman dulu juga mengoleksi beberapa buku untuk menambah wawasan, sehingga tak heran jika ada istilah buku adalah jendela dunia. Namun, saat ini materi pembelajaran tidak selalu dalam bentuk buku fisik, melainkan dalam bentuk e-book.

3. Tugas sekolah

Membuat kliping dari koran bekas, mengisi LKS (Lembar kerja Siswa) kerja praktek adalah tugas yang mungkin hampir dialami oleh semua pelajar. Namun saat ini tugas anak sekolah sudah menyertakan teknologi sebagai contohnya mengunggah kegiatannya pada Youtube atau Google Drive. Beruntungnya kini sudah banyak pilihan laptop untuk mahasiswa yang akan memudahkan proses penyelesaian dan pengiriman tugas.

4. Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran di dunia pendidikan juga mengalami pergeseran dari yang sebelumnya tatap muka, praktek langsung hingga saat ini dilakukan secara virtual. Terlepas dari pandemic Covid-19 yang membuat pemerintah mengeluarkan himbauan untuk belajar dari rumah, sistem belajar secara virtual sudah dilakukan dikalangan mahasiswa dengan kuliah onlinenya.

5. Sumber literatur atau refensensi

Pergi ke perpustakaan bahkan rela mengunjungi perpustakaan di daerah atau kota lain demi menemukan literatur tertentu sudah biasa bagi para pelajar jaman dahulu, terutama mahasiswa tingkat akhir. Namun saat ini literatur dapat Anda temukan dengan gadget.

Dari beberapa hal diatas dapat diketahui bahwa pergeseran akibat perkembangan teknologi memang tidak dapat dihindarkan. Anda mungkin tidak bisa lagi melarang anak Anda untuk menggunakan gadget, karena istilah bermain gadget rasanya sudah tidak relevan saat ini dimana gadget juga menjadi sarana dan fasilitas belajar.

Sekalipun gadget seperti handphone dan laptop adalah hal yang wajar dimiliki oleh para pelajar, pengawasan dan bijak dalam pemilihan gadget yang sesuai dengan usia dan tingkat sekolah anak Anda sangat perlu dilakukan. Anak yang yang masih duduk di bangku sekolah dasar tidak perlu memiliki spesifikasi seperti laptop untuk mahasiswa. Bijak dalam menentukan gadget yang dimiliki anak Anda adalah salah satu cara untuk melindungi anak Anda.

0 komentar:

Posting Komentar