Minggu, 13 Desember 2020

Mengintip Berbagai Istilah pada Perlengkapan Mandi Bayi yang Aman


Dalam memilih perlengkapan mandi bayi atau produk perawatan kulit si kecil, tentu anda beberapa kali menemukan istilah seperti 100% aman, dermatologi tested, dan lain sebagainya. Namun sebenarnya apakah anda telah paham betul mengenai berbagai istilah tersebut ? Jika belum, yuk simak arti dari berbagai istilah tersebut di bawah ini.

Istilah Pada Produk Perawatan Bayi 

1. Chemical Free

Sejatinya istilah satu ini terbilang sangat aneh, karena hampir seluruh materi di alam bisa disebut sebagai bahan kimia. Bahkan air, garam, dan gula pun sebenarnya juga termasuk bahan kimia organik. Apabila anda menemukan istilah ini, itu berarti produk perlengkapan bayi tidak mengandung senyawa kimia anorganik sehingga aman digunakan.

Apabila pada produk perlengkapan bayi anda menemukan kandungan bahan kimia seperti DMDM hydantoin, SLS, dan formaldehyde, sebaiknya hindari produk tersebut. Karena bahan bahan ini merupakan senyawa kimia yang bisa menimbulkan iritasi kulit, bila bersentuhan langsung pada kulit si bayi.

2. Preservative Free

Produk perawatan kulit atau perlengkapan mandi bayi dengan label seperti ini bisa jadi malah lebih berbahaya, terlebih jika produk tersebut terbuat dari bahan ekstrak alami. Karena bahan natural termasuk sangat sulit bertahan lama bila tidak menggunakan bahan pengawet tambahan.

Bakteri, kapang, dan jamur merupakan beberapa mikroorganisme yang bisa saja dengan mudah tumbuh pada produk produk ini. Jadi apakah produk dari bahan alami atau natural perlu menggunakan preservative ? Tentu saja, namun preservative yang digunakan harus bahan dari alam seperti ekstrak kimchi dan citrus.

3. Gluten Free

Kandungan gluten banyak ditemukan pada produk yang berasal dari barley, terigu, dan gandum hitam. Dimana kandungan tersebut mampu memicu reaksi alergi pada sebagian bayi. Oat atau avena sativa umumnya telah terkontaminasi dengan gluten, jadi anda perlu berhati hati dalam membaca komposisi pada produk perawatan bayi.

4. Baby Organic Product

Produk organik merupakan produk yang telah melalui proses penanaman dan pengolahan yang bebas dari berbagai bahan kimia. Agar perlengkapan mandi bayi bisa memiliki label organik, produk tersebut harus memiliki sertifikat. Dimana sertifikat ini diberikan oleh pihak ketiga, dan menyatakan bahwa produk terkait paling sedikit memiliki kandungan 95% produk organik.

Sisa 5% bahan lainnya yang ditambahkan pun tidak boleh berupa transgenik, atau mengandung bahan toksik seperti pestisida, insektisida, herbisida, maupun aneka bahan lain yang bisa menyebabkan kerusakan lingkungan. Jadi apabila anda menemukan produk dengan klaim 100% organic, lihat terlebih dahulu komposisinya secara detail.

Jadi, anda sebagai orangtua perlu berhati hati dalam membaca komposisi pada produk perawatan si kecil. Karena kulit bayi sangat rentan, sehingga berbagai kandungan bahan kimia bisa saja menjadi berbahaya untuk mereka. Sebaiknya gunakan produk perlengkapan mandi dari Mitu Baby, yang telah teruji hypoallergenic (anti alergi) yang dijamin aman dan berkualitas.

0 komentar:

Posting Komentar